Liburan Ke Pantai Pangandaran Jawa Barat

Liburan ke Pantai Pangandaran merupakan salah satu objek wisata yang ada di kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat Pantai ini termasuk pantai selatan jawa yang terkenal dengan ombaknya yang lumayan menantang para peselancar, dan masih dilokasi yang sama ada satu pantai yang merupakan surganya para peselancar.
Pantai Pangandaran dapat diakses dari berbagai arah.

Liburan Yang Mengesenkan

pantai

PEXELS.COM

Akhirnya sore hari ini saya ninggalin rumah, berpasrah kepada GPS, saya ikuti aja apa kata dia, perjalanan pun lancar. Jalannya juga nyantai, bahkan sempat agak tersendat waktu selepas Tol Cileunyi karena ada perbaikan jalan.Di Nagrek juga agak pelan

Hari semakin larut, perutpun sudah berbunyi, ternyata sudah waktunya jam makan malam, saya tertarik ngeliat iklan di sepanjang jalan. Ayam Bakar Rumah Makan Pringsewu, Gurame bakar Pringsewu, Es Duren Pringsewu, kayaknya tiap 200 m ada iklannya ni restoran. Jadi penasaran, apa hebatnya resto ini.

Tapi ternyata resto ini ngga kita lewatin kalo ke Pangandaran. Padahal dah belok ke arah Pangandaran, sampe sopir saya bela-belain balik arah dan belok ke arah Jawa Tengah hanya untuk menjajal.

Akhirnya Tiba Juga di Pantai Pangandaran

liburan kepantai pangandaran

www.mypangandaran.com

Singkat cerita, tiba  juga dipangandaran, Saya berlibur dengan sepupu dan keluarga saya, semuanya delapan orang. Kami beruntung bisa memesan kamar penginapan di tepi pantai pada liburan sekolah. Biasanya, penginapannya penuh.

Perjalanan dari cianjur memakan waktu sekitar 6 ½  jam.  Kami  berangkat hari Kamis sore supaya tidak terjebak kemacetan lalu lintas.

Waktu menunjukkan jam 12.00 malam ketika kami sampai di penginapan. Karena capek, kami langsung tidur.

Hari Jumat, kami bangun pagi sekali untuk melihat matahari terbit di Pantai Timur Pangandaran. Setelah itu, kami duduk-duduk di pantai untuk menikmati deburan ombak dan angin laut sambil melihat nelayan-nelayan mencari ikan di laut dan kembali ke darat membawa hasil tangkapan.

Karena hari masih pagi, kami pergi ke Tempat Pelelangan Ikan di Pantai Timur. Di sini, pedagang menjual  ikan segar hasil tangkapan hari itu.

kami pun langsung mengambil momen-momen yang indah itu, setelah mengambil banyak foto, kami beristirahat untuk makan siang di restoran makanan laut. Kami memesan ikan bakar dengan sambal, lalaban dan nasi putih. Enak sekali.

Sore Hari

sanset

PEXELS.COM

Sore ini kami habiskan bermain di pantai. Semuanya seneng banget, pantainya ombaknya cukup gede, pasirnya lembut banget. Kayak di Kuta lah. Sayang sore ini berawan jadi ngga ngeliat sunset.

Terus malamnya kami makan sea food di pantai timur. Oya, Pangandaran itu ada pantai barat yang bisa buat bermain-main, dan pantai timur yang banyak nelayan dan ngga bagus buat main. Dari pantai barat ke timur cukup jalan kaki aja kok.

Jadi sebaiknya nginapnya di pantai barat, kalo mau makan sea food, kita ke pantai timur. Tadi kami makan di RM Sarimbit. Dipilih karena males muter-muter nyari tempat, kebetulan ini deket ya udah jadi. Pesan 1 bawal 6 ons dan udang 1/2 kg + kangkung ternyata cukup buat makan delapan orang. Sambal kecapnya enak, udang goreng tepungnya enak banget.

Kesan saya di hari pertama di Pangandaran, pantainya bagus, kalo dibandingin ama Carita, di Pangandaran lebih enak pasirnya karena bentangan pantainya lebih luas. Tapi jalan-jalannya sempit, berdebu dan berkesan semrawut.

Memang masih jauh kalo dibandingin ama Kuta ya, tapi dibandingin ama Anyer, Carita pun masih kalah bersih. Dan jalan menuju Pangandaran itu lho, ampun dah, bikin rontok kaki-kaki mobil. Ngga berlubang sih tapi keriting jadi kalo dihajar terus mobil jadi joget gila-gilaan khan.

Mudah-mudahan pemda bisa membenahi infrastrukturnya ya, biar orang luar semakin suka datang ke sini.

Hari Ke Dua Dipantai Menyambut Sunrise Di Pagi Hari

sunrise di pagi hari

PEXELS.COM

Untuk dapat melihat matahari terbit dengan jelas, kitapun harus menyaksikan nya dari bibir Pantai Timur Pangandaran. Agar tidak nyasar, saya menanyakan pada petugas Gerbang yang stand by 24 jam, jalur menuju pantai Timur Pangandaran. Setelah membayar tiket masuk pas waktu kemarin.

kami mencari tempat yang strategis untuk menyaksikan sunrise dipagi hari, saya menemukan lokasi yang terdapat warung-warung kecil berdiri di pinggir pantai. Kami pun singgah diwarung yang sudah buka pada saat itu, tempatnya sangat nyaman sekali dan ada beberapa dermaga kecil yang terbuat dari bambu dibangun sepanjang kurang lebih 50 meter seperti jembatan.

Dan yang buat saya menarik itu, si jembatannya dari warung nyambung mengarah ketengah laut. Semuanyapun langsung mencari spot terbaik untuk mengabadikan gambar-ganbar dengan latar matahari terbit.

Oh iya, pantai ini lebih tenang airnya daripada Pantai-pantailain, di sinilah saya bisa mendapatkan fasilitas seperti banana boat, snorkling, berlayar dengan perahu, dan lain-lain yang bisa dijadikan waktu quality timeterbaik, disarankan menggunakan jasa pemandu agar lebih nyaman. Kamu akan merasa puas dengan pantai ini.

Selanjutnya langsung menuju ke Pasir Putih dengan perahu dan di siang hari yang panas terik kami bisa mengunjungi tempat wisata di sekitar pasir putih seperti Goa Parat, Goa Miring, atau Goa Cirenganis.

Dengan mengunjungi tempat-tempat seperti itu bisa menambah wawasan sejarah dan pengetahuan saya tentang tempat tersebut yang dijelaskan oleh pemandu wisata.

Jangan lupa isi perut agar bisa melanjutkan trip ini ke Pantai lain misalnya Pantai Batu Hiu, yang digembor-gemborkan sebagai Tanah Lotnya Jawa Barat karena pemandangannya yang eksotis.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan pantai ini adalah dengan naik ke atas bukit kecil yang ada di pinggir pantai. Di pantai ini jangan bermain air lagi, kami hanya perlu menikmati perjalanan seharian di Pangandaran dan menunggu sunset tiba.

Saatnya Pulang

kemacetan yang panjangan

www.jpnn.com

Hari minggu hari terakhir untuk pulang ke rumah, sebelum pulang kami sarapan pagi dulu, jalan-jalan dipinggir pantai, menikmati udara pagi hari, atau mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Ya mungkin aktivitas paling tepat sambil menunggu waktu check out hotel. Setelah waktu menunjukkan jam 11.00 siang, persiapan check out mengemas seluruh barang dan menyelesaikan administrasi penginapan

Saat nya kembali ke kota tujuan, meninggalkan pantai Pangandaran. Kita dapat melengkapi oleh-oleh yang ingin kita bawa kekota asal di lokasi ini.

Wisata Pantai Pangandaran Jawa Barat Pun Berakhir

pexels.com

Demikianlah pengalaman yang saya buat, semoga bermanfaat bagi orang yang membacanya dan menambah wawasan bagi orang yang membaca pengalaman ini. Dan juga mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dan kalimat yang tidak jelas, mengerti, dan juga mohon jangan dimasukan ke dalam hati.

Dan saya juga sangat mengharapkan yang membaca pengalaman ini akan bertambah motivasinya dan menggapai cita-cita yang di inginkan, karena saya membuat pengalaman ini mempunyai arti penting yang sangat mendalam.

Sekian penutup dari saya semoga berkenan di hati dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.